Mitra Kukar di 8 Besar Piala Presiden 2015

Mitra Kukar (Kutai Kertanegara) adalah salah satu klub yang berhasil masuk ke 8 besar Piala Presiden 2015. Walau dengan bekal cuma 3 poin, Mitra Kukar berhasil menjadi runner up grup C di babak penyisihan. 3 poin itu sangat berarti, 3 poin hasil dari 3 kali bermain imbang.

Pada babak 8 besar atau perempat inal ini, sebagai runner up grup, Mitra Kukar harus mendapatkan laga pertama (leg pertama) sebagai tuan rumah menjamu klub pemuncak grup. Dari hasil pengundian, Mitra Kukar bertemu PSM Makassar (penguasa grup D).

Mitra Kukar VS PSM Makassar adalah laga yang mengawali babak delapan besar Piala Presiden 2015. Bermain di sebagai tuan rumah yang didukung ribuan supporternya, Mitra Kukar berhasil mencetak gol di awal. Pemain asal Argentina, Carlos Raul, berhasil menjebol gawang PSM Makassar pada menit kesembilan.

Kedua tim mempertontonkan pertandingan yang sengit dan menciptakan beberapa peluang bagi kedua tim. Meski begitu, selanjutnya tidak terjadi gol tambahan dari kedua tim. Gol semata wayang ini berhasil mengantarkan Mitra Kukar meraih kemenangan kandangnya.

Skema pertandingan seperti Piala Presiden 2015 ini mengingatkan akan skema pertandingan Liga Champions Eropa. Ini adalah sesuatu yang langka yang terjadi di sepakbola Indonesia.

Kemenangan tipis 1-0 itu memang menjadi modal bagus Mitra Kukar untuk menghadapi leg kedua di Stadion Andi Mattalatta, Makassar. Ditambah lagi, dengan tidak adanya gol yang dilesakkan PSM Makassar, maka peluang Mitra Kukar lebih terbuka untuk bisa lolos ke babak semifinal nanti. Mereka hanya perlu minimal hasil seri untuk lolos semifinal. Bisa juga kalah dengan skor kalah 1-2, 2-3, 3-4, dan seterusnya. Meski kalah seperti itu, Mitra Kukar tetap bisa melaju ke babak selanjutnya.

Sementara itu, PSM Makassar pun sebenarnya masih mempunyai peluang terbuka. Hanya kalah 1-0, tentu itu bukan suatu hal yang berat. Untuk bisa lolos, PSM Makassar butuh kemenangan minimal 2-0, atau menang 3-1, atau kemenangan dengan selisih dua gol.

Pertandingan leg pertama, Mitra Kukar 1 VS 0 PSM Makassar.
Pertandingan leg kedua, PSM Makassar 2 Vs 1 Mitra Kukar.

Mitra Kukar lolos ke babak semifinal.

Susunan pemain:

Mitra Kukar: Rivki Mokodompit, Zulkifli Syukur (Mahdi Fahri Albaar 6'), Abdul Gamal, Saepuloh, OK John, Rizky Pelu, Eka Ramdani, Hendra Bayauw (Yogi Rahadian 68'), Defri Rizky (Septian David Maulana 68'), Rahmad Affandi (Dinan Javier 48'), Carlos Raul Sciucatti (Hendra Ridwan 48').

PSM: Dimas Galih Pratama, Iqbal Samad, Aditya Putra Dewa (Satrio Syam 32'), Agung Prasetyo, Hendra Wijaya, Ardan Aras, Tamsil Sijaya (Rasyid Bakri 52'), Syamsul Chaeruddin, Kurniawan, Muhammad Rahmat (Muchlis Hadi 52'), Ferdinand Sinaga (Maldini Pali 75').

No comments:

Post a Comment